Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Dwi Okta Sulistiyo

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Pedurungan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi tumbuhan hijau. Rendahnya hasil belajar siswa dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, keterbatasan media pembelajaran dan kurangnnya motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu Peneliti mencoba menerapkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan pendekatan jelajah alam sekitar. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan pendekatan JAS terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau dikelas V SDN 3 Pedurungan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasV SD Negeri 03 Pedurungan yang berjumlah 32. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Desain penelitian adalah pre-experiment design, dengan jenis One-Grup Pretest-Postest Design.

Dengan penerapan lingkungan sekolah melalui pendekatan JAS penelitian tersebut medapatkan hasil ketuntasan belajar klasikan secara signifikan yaitu sebesar 96,87% yang sebelumnya dari hasil penelitian sebelum menggunakan lingkungan sekolah dengan pendekatan JAS sebesar 31,25%, dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan lingkungan sekolah dengan pendekatan JAS dapat mendorong ketuntasan belajar klasikal.


Full Text: PDF