Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 02 TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/ 2017
EBTINA PRAPTA SARI

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latarbelakang yang mendorongpenelitianiniadalah siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran IPS yang isinya banyak teori hafalan sehingga guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar harus menggunakan strategi yang inovatif. Salah satu strategi guru yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui multimedia powerpoint.

Metode penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,tes, catatanlapanan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus 1 hanya 16 siswa (69,57%) meningkat pada siklus 2 menjadi 23 siswa (100%). Sedangkan untuk hasil aktivitas siswa yang awalnya pada rata-rata rendah meningkat menjadi tinggi pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS.

Kata kunci: hasilbelajar, multimedia


Full Text: PDF