Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN MEDIA MONOMAT (MONOPOLI MATEMATIKA) MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN KLAKAHKASIHAN 02 TAHUN AJARAN 2016/ 2017
Atika Durrotin Munawwaroh

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah guru saat mengajar mata pelajaran Matematika pada materi operasi hitung campuran pada bilangan bulat belum menggunakan media yang bervariasi sehingga pembelajaran terpusat pada guru dan siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan dengan baik sehingga semangat belajar siswa kelas V masih rendah dan perlu adanya media yang bervariasi dalam belajar agar siswa mendapat suatu pembelajaran yang lebih menarik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana keefektifkan pengembangan media MONOMAT (Monopoli Matematika) materi operasi hitung  pada bilangan bulat untuk meningkatkan  keaktifan kelas V SDN Klakahkasihan 02 Pati?. Tujuan yang hendak di dalam penelitian ini adalahuntuk menganalisis efektifitas pengembangan  media MONOMAT (Monopoli Matematikat) materi operasi hitung campuran pada bilangan bulat untuk meningkatkan keaktifan  kelas V SDN Klakahkasihan 02 Pati.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN Klakahkasihan 02 Pati. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media, data ahli materi, dan data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif.

Hasil pengolahan data diambil dari validasi media dan ahli materi, dan angket tanggapan siswa. Hasil validasi ahli media 1 sebesar 83,33%, validasi ahli media 2 sebesar 88,33%,validasi ahli materi sebesar 83,33%, dan hasil tanggapan siswa rata-rata sebesar 97,00%, hal ini dapat menunjukan bahwa media MONOMAT layak dan efektif dalam pembelajaran Matematika. Dengan pencapaian nilai KKM 65 sebesar hampir 100% dengan jumlah siswa 20 siswa.

Saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat menggunakan media MONOMAT sebagai kelengkapan dalam pembelajaran serta membantu keaktifan siswa dalam belajar.


Full Text: PDF