Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS IV SD NEGERI 02 DORO
Akwab Firdaus

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah ada perbedaan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penerapan media audio visual materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 02 Doro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Doro. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Non-Probability Sampling yaitu padda jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen uji soal Pretest dan Posttest. Desain penelitian yang digunakan Pre Experimental Design. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika setelah menggunakan penerapan media audio visual materi operasi hitung campuran kelas IV SD Negeri 02 Doro. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian pada kelas eksperimen diketahui nilai rata-rata pretest adalah 74,00 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 93,20. Hasil ini diperkuat melalui perhitungan hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil thitung = 7,456 dengan db = N-1 = 20 – 1 = 19 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,093. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga hipotesis pada penelitian ini adalah diterima. Saran yang perlu disampaikan melalui penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar matematika guru hendaknya menggunakan penerapan media audio visual dengan baik sehingga memungkinkan berkembangnya potensi siswa.


Full Text: PDF