Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
ANALISIS KUALITATIF MEDIA POP UP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 SD NEGERI BOTOLAMBAT 03 KANDEMAN KABUPATEN BATANG
Dian Anggara

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Lata rbelakang yang mendorong penelitian ini adalah: dalam penggunaan media pembelajaran, guru harus mengetahui tingkat kelayakannya. Media pembelajaran yang baik, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Salah satu media pembelajaran terbaru saat ini adalah pop up book.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan media pop up book dalam meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD N Botolambat 03? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pop up book dalam meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD N Botolambat 03.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan guru dan angket respon siswa.

Hasil penelitian dibuktikan dengan analisis wawancara guru dan angket respon siswa. Media pop up book diterapkan pada saa tpembelajaran Bahasa Indonesia. Hasilnya pop up book layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia karena mampu memotivasi siswa untuk belajar berbicara di depan kelas. Namun pop up book juga memiliki kekurangan yaitu mudah rusak dan keadaan kelas kurang kondusif.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya pop up book dapat dijadikan alternatif guru sebagai media pembelajaran dengan menggunakan bahan yang lebih kuat dan lebih mengontrol siswa.

 


Full Text: PDF