Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KRAJANBOGO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK
Didik Dwi Irawan

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Lata rbelakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA dan kurangnya kreativitas guru dalam proses pembelajaran yang mengajak siswa ikut berpartisipasi terutama penggunaan media pembelajaran.

Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media benda konkret efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Krajanbogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak? Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Krajanbogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA materi makanan dan kesehatan, siswa kelas V SD Negeri Krajanbogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain post test- only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Krajanbogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Sampel yang diambil adalah 38 siswa kelas V A dan V B dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Analisis data berdasarkan hasil tes akhir menujukan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai KKM kelas eksperimen 100% lebih dari kelas kontrol 89,5%. PerhitunganĀ  uji normalitas data kelas eksperimen diketahui L0 sebesar 0,142 dengan taraf signifikansi 0,05 dari daftar nilai Ltabel = 0,195. Jadi, L0< Ltabel maka H0 diterima. Pada uji normalitas kelas kontrol, diperoleh L0 sebesar 0,165 dengan taraf signifikansi 0,05 dari daftar nilai Ltabel = 0,195. Jadi, L0< Ltabel maka H0 diterima. Dari perhitungan uji normalitas dapat disimpulkan bahwa data nilai posttest berasal dari populasi berdistribusi normal, serta hasil dari uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak kanan diketahui thitung = 12,872 dengan ttabel = 1,678. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan media benda konkret terhadap hasil belajar IPAsiswa kelas V SD Negeri Krajanbogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun pelajaran 2016/2017.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya penggunaan media benda konkret dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.Kepala sekolah bisa mengajak guru melalui rapar agar bisa menggunakan media dalam pembelajaran.


Full Text: PDF