Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 SUMBERSARI KABUPATEN KENDAL
Gholib Inva Ali, Ryky Mandar Sary, Anton Sukarno

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru jarang menggunakan metode pembelajaran, maupun model pembelajaran yang lainnya, sehingga suasana pembelajaran menjadi membosankan. Sebenarnya, guru sudah mencoba dengan menerapkan metode diskusi, tetapi hanya beberapa siswa saja yang aktif untuk mengikuti diskusi.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Dalam proses pembelajaran IPA sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran time token sebagai suatu alternatif dalam penerapan proses pembelajaran, karena berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran time token lebih efektif dari pada yang tidak menggunakan model pembelajaran time token.


Full Text: PDF