Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 01 DEMAK
Nita Amalia Sholikah

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan komunikatif siswa yang masih kurang baik dan rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Bintoro 01 Demak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran Quantum Teaching efektif terhadap kemampuan komunikatif siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Bintoro 01 Demak? 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Bintoro 01 Demak? 3) Apakah hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Matematika? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian rumusan masalah yang telah ditetapkan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bintoro 01 Demak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB SD Negeri Bintoro 01 Demak yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan jenis sampling jenuh.

Hasil analisis data dengan one-sample t-test (pihak kanan) pada aspek kemampuan komunikatif siswa SD Negeri Bintoro 01 Demak diperoleh nilai rata-rata 85,17 dan thitung > ttabel yaitu 16,950 > 1,697 maka Ha diterima. Ketuntasan belajar di kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,313 > 1,697 maka Ha diterima dengan persentase 85,7% dari jumlah siswa. Uji banding pada hasil belajar Matematika dengan uji rata-rata dua sampel diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,5963 > 2,000 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif terhadap kemampuan komunikatif dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Bintoro 01 Demak.

Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah proses pembelajaran hendaknya  menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari.


Full Text: PDF