Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJA KERAS DENGAN PENERAPAN MODEL TEAMS GEAMES TOURNAMENT PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI PEDURUNGAN TENGAH 01 SEMARANG
Eni Dwi Astuti

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Tengah 01 Semarang pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana dan sikap kerja Keras siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Teams Gaems Tournamentdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas III SD Negeri Pedurungan Tengah 01 Semarang mata pelajaran matematika materi Pecahan Sederhana?Apakah model pembelajaran Teams Gaems Tournament dapat meningkatkan sikap kerja keras  siswa SD Negeri Pedurungan Tengah 01 Semarangdalam pelajaran matematika materi pecahan sederhana?Apakah melalui model pembelajaran Teams Gaems Tournament ketuntasan nilai matematika siswa SD Negeri Pedurungah Tengah 01 tentang Pecahan sederhana mencapai 90%?Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dari rumusan masalah yang telah ditentukan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IIIsemester IISD NegerI Pedurungan Tengah 01 Semarang dan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Jumlah siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Tengah 01 41 orang, setelah dilaksanakan pembelajaran diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus berikutnya. Pada siklus I nilai rata- rata siswa yaitu 64% pada Siklus II yaitu 77% dan Siklus III 83,5%.

Meningkatnya hasil belajar siswa didukung dengan adanya peningkatan angket kerja keras siswa, hasil angket kerja keras  pada siklus I yaitu 69,90% pada siklus II yaitu 75,97% dan pada siklus III menjadi 90,85%.

Selain peningkatan kerja keras siswa, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, terbukti dari ketuntasan belajar  pada Siklus I yaitu 40% pada Siklus II yaitu 70% dan Siklus III 90%.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Teams Gaems Tournamentdapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar dan kerja keras.


Full Text: PDF