Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA JAM SUDUT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN NGESREP 03 SEMARANG SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGGALI SIKAP KREATIF SISWA
Mega Yulianingsih

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini menggambarkan tentang suasana pembelajaran matematika materi sudut di dalam kelas, sikap kreatif siswa cenderung belum muncul karena pembelajaran yang dilakukan guru belum menunjukkan variasi pada cara mengajarnya. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk menggali sikap kreatif siswa yaitu melalui penggunaan media jam sudut. Adapun tujuan penelitian ini adalah menggali sikap kreatif siswa kelas V SDN Ngesrep 03 Semarang terhadap pelajaran matematika materi sudut dengan menggunakan media Jam Sudut. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk informasi atau kata-kata. Data bersumber kata-kata hasil penelitian. Teknik analisis data diolah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah menggunakan media jam sudut sebagai media untuk menggali sikap kreatif siswa. Dilihat dari hasil observasi didapat hasil dalam persentase dengan jawaban “ya” sebanyak 85% masuk dalam kategori tinggi dan jawaban “tidak” sebanyak 5% masuk dalam kategori sangat rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “media jam sudut dapat menggali sikap kreatif siswa”.


Full Text: PDF