Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PERANAN EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD N NGESREP 03 SEMARANG
CHOFIYANIDA EKA UTAMI

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitian ini berdasarkan hasil observasi tentang pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran komputer karena dengan adanya motivasi dan semangat belajar siswa dapat belajar komputer dengan sungguh - sungguh.Menumbuhkan adalah menjadikan atau menyebabkan tumbuh.Motivasi belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang dalam serangkaian kegiatan.

Konteks penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan ekstrakurikuler komputer terhadap motivasi belajar siswa di SD N Ngesrep 03 Semarang?, (2) Bagaimana peranan ekstrakurikuler komputer dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa SD N Ngesrep 03 Semarang?. Adapun tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui peranan ekstrakurikuler komputer terhadap motivasi belajar siswa di SD N Ngesrep 03 Semarang, (2) Untuk mengetahui peranan ekstrakurikuler komputer dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa SD N Ngesrep 03 Semarang.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk informasi atau kata-kata.Lokasi penelitian ini di SD N Ngesrep 03 Semarang.Batang kelas dari penelitian ini adalah kelas II dan III semester I. Data bersumber kata-kata hasil penelitian. Teknik analisis data diolah dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah memotivasi belajar siswa pada pembelajarn komputer.Dilihat dari hasil observasi didapat sesuai dengan halaman 91 bahwa berdasarkan anlisis observasi yang dilakukan oleh guru komputer dan peneliti diperoleh jawaban “Ya” sebanyak 58, 75 % masuk dalam kategori tinggi dan jawaban “Tidak” sebanyak 26, 25 % masuk dalam kategori sangat rendah.Oleh karena itu “peranan ekstrakurikuler komputer dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa”.

Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat memotivasi belajar siswa dalam pembelajaran komputer  sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar.


Full Text: PDF