Last modified: 2017-07-21
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tawangrejo 2 Blora. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan model pembelajarantertentu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tawangrejo Blora yang diterapkan adalah model SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar pada mapel IPA siswa kelas IV SD N Tawangrejo 2 Blora ? ,Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar pada mapel IPA siswa kelas IV SD N Tawangrejo 2 Blora.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Data penelitian ini berupa motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD N 2 Tawangrejo 2 Blora tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Dalam hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil perhitungan uji t test yaitu perbandingan rata-rata pre test dan post test dengan jumlah siswa n = 20dengan dk = n – 1 = 19 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi t diperoleh = 2,09 karena > yaitu 4,161 > 2,09sehingga bunyi hipotesisnya adalah diterima dan data yang diperoleh signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpullkan bahwa“Ada perbedaan Motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model SAVI pada mapel IPA siswa kelas IV SD Negeri Tawangrejo 2 Blora” dapat diterima dan data yang diperoleh sangat signifikan. Hal ini disimpulkan bahwa ada keefektifan yang sangat signifikan antara pembelajaran sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model SAVI. Saran yang penulis sampaikan bagi guru yaitu guru hendaknya memperhatikan model yang digunakan dalam mengajar sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang diajarkan.