Last modified: 2017-07-21
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi merosotnya nilai karakter pada anak-anak dan remaja yang semakin marak terjadi dan tujuan pemerintah untuk mengatasai hal tersebut dengan salah satu caranya melalui pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Karakter apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas II SD Tema Bermain di Lingkunganku? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Siswa Kelas II SD tema Bermain di Lingkunganku yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Data dalam penelitian ini meliputi kalimat dan gambar.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa Buku Siswa Kelas II SD tema Bermain di Lingkunganku yang diterbitkan oleh Kemendikbud, terdapat 17 nilai karakter.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru mengambil kekurangan nilai karakter dari tema-tema yang lain dan selalu mendampingi siswa untuk menggunakan buku tersebut dalam belajar sehingga dapat menemukan dan mencontoh nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya.