Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA KANTONG AJAIB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PRATEN 02 BATANG
Khamdi Asyiq Purwito

Last modified: 2017-07-21

Abstract


Penelitianinidilatarbelakangiolehadanya permasalahan dalam pembelajaran.  Guru  dalam mengemas pembelajaran belum menggunakan media sehingga pada saat pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa kurang mendengarkan penjelasan dari guru, ramai sendiri, bahkan mengganggu teman lainnya sehingga materi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran kurang diserap oleh siswa.

Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together berbantu media kantong ajaib terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan siswa kelas IV SDN Pranten 02 Batang?Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together berbantu media kantong ajaib terhadap hasil belajar matematika materi pembagian kelas IV SDN Praten 02 Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together berbantu media kantong ajaib terhadap hasil belajar matematika materi pembagian dan perkalian bilangan siswa kelas IV SDN Pranten 02 Batang.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B SD N Pranten 02 Batang.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 25 siswa dan kelas IV B yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan sampel jenuh.Desain  penelitian eksperimen menggunakan True Experimental Design yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan signifikan antaramodel pembelajaran numbered heads together berbantu media kantong ajaib terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan siswa kelas IV SDN Pranten 02 Batang. Hal tersebut ditunjukkan dari uji tyaituthitung> ttabel yaitu 6,945 > 2,000. Rata-rata pretest64,32 dan posttest82,24. Maka ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together berbantu media kantong ajaib terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan siswa kelas IV SDN Pranten 02 Batang.

Saran yang Penulis sampaikan dalam pembelajaran diharapkan guru menggunakan model pembelajaran numbered heads together berbantu median kantong ajaib untuk variasi dalam kegiatan belajar mengajar matematika materi perkalian dan pembagian karena dari hasil penelitian,model pembelajaran numbered heads together berbantu median kantong ajaib dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text: PDF