Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL “ENGKLEK”
Fenny Roshayanti, Muhammad Syaipul Hayat, Filia Prima Artharina

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Penelitian R and D ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran sains berbasis permainan tradisional “engklek”. Metode mix triangulasi digunakan untuk menganalisis data yang diambil melalui beberapa teknik (kuesioner, observasi, angket tanggapan guru, catatan lapangan, dan lembar kerja siswa). Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa Sekolah Menengah Pertama pada lima Kabupaten yang tersebar wilayah Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter siswa berkembang dengan baik selama mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran sains berbasis permainan tradisional “engklek”. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis lembar angket karakter siswa. Data angket ini kemudian dianalisis menggunakan uji Anava untuk mengetahui adanya pengaruh letak geografis dan budaya terhadap nilai karakter yang tertanam pada diri siswa selama mengikuti pembelajaran ini. Hasil uji Anava menunjukkan keterangan berbeda nyata antara nilai karakter siswa satu Kabupaten dengan Kabupaten lainnya. Kabupaten yang menunjukkan nilai tertinggi yaitu Kabupaten Jepara,dengan skor 132,97 sedangkan nilai terendah ditunjukkan oleh Kota Pekalongan dengan skor114,23.Fakta bahwa nilai karakter siswa meningkat didukung oleh hasil analisis data kualitatif pada lembar respondensi gurudan lembar observasi. Kedua data tersebut menunjukkan hasil yang positif. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan melalui model pembelajaran sains berbasis permainan tradisional “engklek” dapat mengembangkan pendidikan karakter siswa.

Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran sains, permainan tradisional engklek.


Full Text: PDF