Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MANAJEMEN DIRI GURU SMP MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIC
Muhdi Muhdi, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Arri Handayani

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Permasalahan mendasar bagi guru IPA berpangkal pada penguasaan materi IPA yang dimilikinya. Guru IPA yang memiliki latar pendidikan sarjana pendidikan fisika tidak dapat menjelaskan dengan baik materi IPA yang membahas kajian biologi dan kimia, demikian sebaliknya. Rendahnya penguasan materi ini seringkali mempengaruhi penguasaan diri guru. Terlebih lagi dengan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013. Pendekatan saintifik digunakan dalam pembelajaran untuk mengembnagkan kemampuan berpikir siswa. Pelaksanaan kurikulum 2013 ini menuntut guru terutama guru IPA untuk mengembangkan diri. Dalam meningkatkan kualitas diri guru diperlukan peningkatan mutu dan pengelolaan kemampuan . Guru harus mampu mengelola diri dan profesinya dengan baik dalam lingkungan yang kondusif. Artikel ini menggambarkan hasil sepenggal kecil penelitian tentang model manajemen diri melalui Teaching Clinic. Penggalan kecil tersebut membahas pengembangan diri guru IPA SMP melalui pembelajaran saintific. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D dengan subjek penelitian adalah guru SMP. Tujuan penelitian adalah memndeskripsikan pengembangan manajemen diri guru IPA kota Semarang dalam pembelajaran Saintific melalui Teaching Clinic. Teaching Clinic merupakan wadah pembinaan profesionalisme guru IPA yang dibangun untuk pembinaan dan pengembangan profesi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran saintific guru IPA kota Semarang yang menjadi subjek penelitian memiliki peningkatan 12% manajemen waktu yang baik (60%-72%); 8% manajemen materi yang baik(60%-68%), 10% manajemen kelas yang baik (62%-72%) dan 68% melakukan pembelajaran IPA efektif dan efisien(60%-68%).Simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan manajemen diri guru sangat diperlukan terutama dalam menunjang keberhasilan pembelajaran Saintific. Rekomendasi diberikan pada MGMP atau instansi yang terkait untuk dapat memberi kesempatan guru IPA lebih mengembangkan diri.

Kata kunci : Pengembangan, Manajemen, Diri, Pembelajaran, Saintific


Full Text: PDF