Last modified: 2014-09-28
Abstract
IPA sebagai mata pelajaran inti memerlukan penerapan dan pengembangan yang kontekstual. Pembelajaran IPA dikelas biasa sangat menarik perhatian siswa. Permasalahan yang muncul bagaimana menerapkan pembelajaran IPA ini pada siswa yang mengalami kebutuhan khusus. Artikel ini menggambarkan hasil penelitian pembelajaran di SLB (SMPLB) pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa Tuna Rungu Wicara SMPLB kelas VIII. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I 62,5% dan siklus II 87,5%. Implementasi Saintific Learning menggunakan metode demonstrasi berbantuan kartu kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis saintific learning dapat diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus di SLB. Kendala waktu dan keterbatasan siswa tidak menghalangi keberhasilan dan kebermaknaan pembelajaran.
Kata kunci : Saintific, Learning, Siswa, SLB