Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI KALOR TIPE GRAFIK
Nuarina Wahyu Wulandari, Harto Nuroso, Joko Siswanto

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Materi kalor dalam pelajaran IPA di SMP salah satunya adalah terkait
dengan grafik proses perubahan wujud karena pemberian kalor. Dalam
pelaksanaan pembelajarannya, siswa harus mampu menganalisis setiap proses yang terjadi, dan siswa juga harus mampu menguraikan setiap proses tersebut. Artinya, dalam proses tersebut dibutuhkan kemampuan berpikir analitis. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kemampuan berpikir analitis siswa dalam menyelesaikan soal materi kalor dengan tipe grafik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Siswa diberikan soal terkait dengan kemampuan berpikir analisis dengan topik kalor. Pelaksanaan penelitian ini di SMP Negeri 33 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengerjakan soal tipe grafik siswa cenderung menghafal langkahnya. Siswa mengalami kesulitan dalam menguraikan dan menghitung setiap proses. Siswa juga tidak mengetahui cara mengerjakan untuk setiap proses dalam grafik selain menghafal.

Kata kunci : kemampuan siswa, berpikir analisis, menyelesaikan soal, soal tipe grafik


Full Text: PDF