Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
EFEKTIFITAS BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Eny Hartadiyati, Maria Ulfah, Praptining rahayu

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan bahan ajar berbasis karakter pada pembelajaran IPA di SMP. Keefektifan bahan ajar berdasarkan hasil observasi tentang karakter siswa pada saat pembelajaran meliputi teliti, rasa ingin tahu, bekerja sama, logis dan disiplin dengan kategori kurang, cukup , baik dan amat baik ; peningkatan hasil belajar menggunakan gain rata-rata dan dilihat prosentase ketuntasan belajar klasikal serta melihat hubungan kemunculan karakter dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan 100% siswa dengan kategori karakter baik sampai amat baik , terjadi peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan N-gain 0,57 katagori sedang dan ketuntasan belajar klasikal 85%, dan bahan ajar berbasis karakter berpengaruh positif terhadap hasil belajar namun pada kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis karakter efektif dalam pembelajaran IPA di SMP.

Kata kunci : bahan ajar, karakter dan hasil belajar


Full Text: PDF