Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AI-LEARN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Evie Palenewen, Yuli Alviolita

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Pengaruh Penggunaan Software Pembelajaran Multimedia Ai-Learn terhadap hasilbelajar siswa SMP Negeri 9 SamarindaTahunPembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Pembelajaran Multimedia Ai-Learn terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Samarinda tahun pembelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D menggunakan Sofware Multimedia Ai-Learn dan kelas VIII-E menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t (ttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas perlakuan adalah 81,55, sedangkan nilai rata-rata kelas control adalah 76,38. Setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai t hitung= (3,31) > t table = (1,98) pada taraf signifikan 5 %, maka dengan demikian ada pengaruh dan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol (VIII-E) dan kelas perlakuan (VIII-D). Dengan demikian terdapa tpengaruh penggunaan Software Multimedia Ai-Learn terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Samarinda tahun pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: Multimedia Ai-Learn, Talking Stick, Hasil Belajar

Full Text: PDF