Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
DANAU RAWAPENING SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKOLOGI
Ary Susatyo Nugroho, Shalihuddin Djalal Tanjung, Boedhi Hendrarto

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Ekologi merupakan bidang ilmu yang mengkaji hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungannya. Dalam pembelajaran ekologi diperlukan pengamatan lapangan untuk melihat secara langsung dan menganalisis objek-objek ekologi yang ada di berbagai tipe ekosistem di bumi ini. Danau Rawapening merupakan sebuah ekosistem akuatik yang terbentuk secara alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen penyusun ekosistem Danau Rawapening dan interaksi-interaksi yang berlangsung di dalamnya. Penelitian ini dilakukan melalui observasi secara langsung pada delapan stasiun pengamatan yang telah ditentukan. Hasil observasi menunjukkan bahwa dalam Danau Rawapening terdapat beragam komponen ekosistem yang mudah diamati sebagai sumber belajar ekologi. Komponenkomponen tersebut antara lain adalah beragam jenis tumbuhan air, burung air, moluska, capung, kupu-kupu, ikan, fitoplankton, zooplankton, serta beragam kondisi fisikokimia perairan yang ada. Semua komponen tersebut saling berinteraksi dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi fisikokimia perairan yang ada. Dengan pengamatan secara langsung beragam jenis komponen dan menganalisis perubahan dan keterkaitannya, diharapkan pembelajaran ekologi semakin menarik dan optimal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ekosistem Danau Rawapening layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan proses dan hasil belajar ekologi.
Kata Kunci : ekosistem, danau, Rawapening, sumber belajar, ekologi.

Full Text: PDF