Seminar Universitas PGRI Semarang, entrepreneurship 2014

Font Size: 
Research and Development untuk Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Anak Retardasi Mental Berbasis Audio Video
Alexander Dharmawan, Ana Wahyuni

Last modified: 2014-09-28

Abstract


Anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pendidikan
sebenarnya memerlukan pelayanan khusus (special education) sesuai bentuk dan derajat kesulitannya, seperti pada anak-anak retardasi mental. Karakteristik penyimpangan tingkah laku anak retardasi mental hanya sedikit dibawah normal. Gangguan perkembangan motorik, sosial, dan bahasa pada awalnya tidak diketahui.Gangguan ini baru diketahui ketika anak mulai masuk sekolah.Kesulitan belajar mulai tampak di
suatu bidang khusus, misalnya membaca atau secara umum pada semua mata pelajaran.
Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan kemampuan membaca pada anak-anak retardasi mental ringan (mampu didik). Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yaitu mengembangkan software untuk pembelajaran membaca pada anak retardasi mental ringan. Pembelajaran berbasis audio video diberikan secara individual yang memerlukan pendampingan guru atau orangtua sehingga terjadi proses belajar yang aktif, interaktif dan dapat mengoptimalkan kemampuan kognitf anak retardasi mental ringan. Hasil dari penelitian ini adalah software pembelajaran membaca untuk anak retardasi mental ringan berbasis audio video.


Kata kunci : Retardasi mental, penelitian dan pengembangan, audio video


Full Text: PDF