Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI WACANA ARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN
Sumarno Sumarno, Muhammad Syapul Hayat

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Studi eksplorasi secara kuantitatif dilakukan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap implementasi wacana argumentasi dalam pembelajaran pada perkuliahan anatomi dan fisiologi tubuh manuasia. Studi ini dilakukan untuk menngidentifikasi penggunaan wacana argumentasi dalam kehidupan sehari-hari, implementasi argumentasi dalam perkuliahan serta identifikasi kesulitan mahasiswa dalam wacana argumrentasi. Hasil identifikasi tersebut berikutnya sebagai bahan deduksi untuk merancang bagaimana strategi yang efektif dalam melatihkan kemampuan argumentasi. Eksplorasi dilakukan melalui survei terhadap 52 mahasiswa pendidikan Biologi UPGRIS yang telah mengikuti perkuliahan anatomi dan fisiologi tubuh manusia. Hasil survei menunjukkan bahwa 54,9% mahasiswa jarang terlibat dalam wacana argumentasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian 58,8% mahasiswa menyatakan wacana argumentasi sering diimplementasikan dalam perkuliahan. Mahasiswa menyakini memperoleh manfaat dari implementasi wacana argumentasi, tetapi terdapat 48.3% mahasiswa yang merasa kesulitan dalam komunikasi argumentasi. Fakta tersebut mengimplikasikan bahwa mencari dukungan ilmiah dalam beragumentasi perlu dibudayakan pada mahasiswa calon guru, sehingga perlu dilatihkan ketrampilan beragumentasi.

Kata kunci: persepsi mahasiswa, wacana argumentasi, pembelajaran


Full Text: 403-410