Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Pengaruh penerapan media prezi pada model pembelajaran student teams achievement division untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa materi pencernaan makanan
Vivian Puji Yuniarti, Mei Sulistyoningsih, Prasetiyo Prasetiyo

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi masih banyaknya guru yang menggunakan media dan model pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini, penerapan media dan model pembelajaran yang lebih inovatif dapat menarik perhatian siswa, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa akan mengalami peningkatan dari pada penerapan PowerPoint pada model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Demak kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan media Prezi pada model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan alternatif yang baik diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dibandingkan dengan media PowerPoint pada model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

Kata kunci : Prezi, STAD, Hasil Belajar, Aktivitas


Full Text: 389-397