Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Pengaruh media hands-on edu science terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas viii di SMP NEGERI 1 WARUREJA
Ibnu Baehaqi, Fenny Roshayanti, Sumarno Sumarno

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Rendahnya hasil belajar IPA Biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja, karena banyaknya kendala dalam pembelajaran. Salah satu kendala yang sering muncul kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran serta kurang digunakannya media pembelajaran. Tujuan penelititan ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media hands-on edu science terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan Quasi Eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan pengambilan sampel yang dipilih secara random (acak). Subjek penelitian ini menetapkan kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media hands-on edu science. Hasil penelitian ranah kognitif diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen 82,87 dan kelas kontrol 70,45. Ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol 55% dan eksperimen 82%. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik berupa poster, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 77,12 dan kelas kontrol 68,03. Hasil belajar siswa ranah afektif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 78,03 dan kelas kontrol 63,64. Hasil penghitungan uji t hasil belajar siswa kognitif, psikomotorik dan afektif ada perbedaan signifikan. Kesimpulan bahwa penggunaan media hands-on edu science memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Warureja.

Kata Kunci : Media Hands-on Edu Science, Hasil Belajar Siswa.


Full Text: 326-332