Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship II

Font Size: 
Model pembelajaran “wisata lokal” berbasis potensi daerah
Eny Winaryati, Sri Haryani, Akhmad Fathurohman, Setia Iriyanto

Last modified: 2015-09-28

Abstract


Potensi daerah, merupakan lingkungan yang sangat dekat siswa, sehingga banyak pengalaman yang telah direkam oleh siswa. Terkait dengan hal ini, pemerintah telah menyusun peraturan, agar pemerintah daerah menfasilitasi terimplementasikannya suatu pembelajaran yang mendekatkan siswa dengan lingkungannya, dan diperkuat dengan kurikulum yang akan dilaksanakan oleh guru. Berbagai informasi potensi daerah yang ada perlu diketahui, didayagunakan, dimanfaatkan dan dikembangkan manfaat dan fungsinya untuk kepentingan siswa di masa depan. Ada beberapa teori belajar yang dijadikan rujukan model pembelajaran berbasis potensi daerah ini, yaitu: teori Behavioristik, Kognitif, Humanistik dan Kontrukstivistik. Landasan teori di atas, digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan model pembelajaran melalui berbagai teknik/metode pendekatan pembelajaran dan strategi penilaian, guna memberi kemudahan user dalam menggunakan model. Selain itu landasan paedagogik perlu diperhatikan, agar model memberikan dampak nilai karakter bagi siswa. Sebagai model baru, maka berbagai persiapan pengembangan model seperti: pengujian keberhasilan model, evaluasi model dilakukan, agar dihasilkan produk model yang dapat diperanggungjawabkan. Persiapan pengembangan lebih menitikberatkan pada kebutuhan, konsep, dan strategi penilaian, untuk memberi kemudahan pelaksanaan pengembangan model pembelajaran “Wisata Lokal” berbasis potensi daerah.

Kata kunci: Difine, Wisata Lokal, Potensi Daerah

Potential of the region, an environment which is very close to the students, of course, a lot of experience that has been recorded by the students. In this regard, the government has drawn up regulations, in order to facilitate local governments closer terimplementasikannya a student with a learning environment, and reinforced with a curriculum that will be implemented by the teacher. Various potential areas of existing information needs to be known, utilized, exploited and developed the benefits and functions for the benefit of students in the future. There are several theories of learning which is used as reference models based learning potential of this region, namely: Behavioristik theory, Cognitive, Humanistic and Kontrukstivistik. The above theoretical basis, used as a reference for developing learning models through a variety of techniques / methods of learning approaches and assessment strategies, to provide user convenience in using the model. Besides runway paedagogik to note, that the impact on the value of the character models for the students. Asa new model, the model of development of the various preparations such as: testing the success of the model, the model evaluation is done, in order to produce a product that can diperanggungjawabkan models. Preparation of development is more focused on the needs, concepts, and assessment strategies, to provide ease of implementation of the development model of learning "Local Attractions" based on local potential.

Keywords: difine, Local Attractions, Local Potential


Full Text: 140-151