Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional LPPM UPGRIS Kerjasama PB PGRI, Komunitas DGM

Font Size: 
PENERAPAN APLIKASI SEESAW BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS
Khusnul Qotimah

Last modified: 2018-07-05

Abstract


Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa
meskipun berbagai metode/cara/pendekatan dalam proses pembelajaran telah dilakukan dengan
pendekatan menggunakan kurikulum 2013.Pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan
dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dapat membantu
siswa untuk mengamati (observing), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba
(eksperimen) dan membentuk jejaring pembelajaran/pembelajaran kolaboratif (networking). Kelas
dengan menggunakan metode penilaian kelasseesaw disebut dengan kelas digital seesaw.Proses
pembelajaran dengan menggunakan penilaian Kelas Seesaw sangat menarik untuk digunakan sebagai
media pembelajaran karena terjadi kolaboratif (networking) antara guru dan siswa. Kelas digital
seesaw memberikan manfaat sebagai digital portofolio siswa.Pada kelas digital seesaw guru dapat
memasukkan pesan,  materi, foto dan video pembelajaran,  begitu juga dengan siswa dapat
mengunggah tugas-tugasnya ke dalam kelas digital seesaw, bahkan dapat dijadikan sebagai blog.
Dalamkelas digital seesaw terdapat 3 pihak yang berperan yaitu guru, siswa dan orang tua.
Dengan pembelajaran secara konvensional untuk mata pelajaran IPS membosankan siswa.
Fakta menunjukkan masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa meskipun berbagai
metode/cara/pendekatan dalam proses pembelajaran telah dilakukan dengan pendekatan
menggunakan kurikulum 2013. Oleh sebab itu diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa yaitu melalui media kelas seesaw berbantuan
android.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui carapenggunaan aplikasi seesaw berbantuan android.
2. Untuk mengetahui penerapan aplikasi kelas seesaw berbantuan android dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa.
3. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Adapun metode penelitian ini antara lain Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menurut jenisnya penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK)
atau classroom action research, karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah
pembelajaran di kelas.

Setting penelitian ini terdiri dari:   
1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Sentani Kabupaten
Jayapura Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 32 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki
dan 17 orang perempuan.
2. Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura Jl.
Bandara Sentani No. 51 Sentani Kabupaten Jayapura
3. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Waktu
pelaksanaan selama 1 bulan, yaitu 2 siklus.  
Langkah-langkah untuk bisa masuk ke dalam kelas digital seesaw adalah sebagai
berikut:
1. Registrasi seesaw, masuk ke web seesaw: “ https:// web.seesaw.me/klik “sign up free “; atau
aplikasi kelas seesaw didownload pada google playstore;
2. Untuk peran sebagai guru klik “I’m a teacher“;
3. Masukkan alamat email dan password untuk sign up;
4. Isi data lalu klik “created teacher account”;
5. Untuk peran sebagai siswa klik “ I’m a student“ kemudian masukkan kode kelas, klik “
student sign up “;  
Cara mengakses kelas digital seesaw adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke account guru yaitu dengan memasukkan email dan password. Setelah sign up
masukkan kode akses kelas yang harus disalin untuk dibagikan kepada siswa;
2. Guru menseting kelas tergantung berapa jumlah kelas yang dibelajarkan, maka masing-
masing dibuatkan kelasnya;
3. Link login sebagai siswa adalah app.seesaw.me pilih “ I’m a student ”;
4. Masukkan kode akses student untuk masuk kelas seesaw;
5. Untuk masuk sebagai orang tua pilih “I’m family“.
Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan
berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Aplikasi kelas seesaw dapat digunakan dengan berbantuan android sehingga siswa dapat
menggunakannya dengan mudah.

2. Penerapan aplikasi kelas Seesaw berbantuan android memiliki dampak positif dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar
peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (15,63%) dan siklus II (71,88%).  
3. Penerapan aplikasi kelas Seesaw berbantuan android mempunyai pengaruh positif, yaitu
dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dan
pengamatan/observasi aktivitas siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa
tertarik dan berminat dengan penerapan aplikasi kelas seesaw berbantuan android sehingga
mereka menjadi termotivasi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci :kelas digitalseesaw, android, teknologi informasi, guru dan siswa.


Full Text: PDF