Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional LPPM UPGRIS Kerjasama PB PGRI, Komunitas DGM

Font Size: 
IMPLEMENTASI MEDIA KOCERIN (KOTAK CERDAS INTERAKTIF) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP
Noviana Dini Rahmawati, Sunandar Sunandar, Achmad Buchori

Last modified: 2018-07-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi media KOCERIN
(kotak cerdas interaktif) berbasis pendidikan karakter di SMP. Penelitian ini merupakan
penelitian Quasi Experimental. Data dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar siswa,
respon siswa dan respon guru terhadap pembelajaran menggunakan media KOCERIN berbasis
pendidikan karakter. Data prestasi belajar siswa diambil dari post test. Data respon guru dan
siswa diperoleh dari angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
perhitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada kelas
eksperimen lebih tinggi dibanding prestasi belajar siswa pada kelas kontrol. Respon guru dan
siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding respon guru dan siswa pada kelas kontrol.
Kata kunci: implementasi, media, kocerin

Full Text: PDF