Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional LPPM UPGRIS Kerjasama PB PGRI, Komunitas DGM

Font Size: 
ANALISIS KINERJA GURU DITINJAU DARI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Rasiman Rasiman

Last modified: 2018-07-05

Abstract


Profesi guru merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu guru yang diikuti dengan
peningkatan kesejahteraan guru. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui: dampak sertifikasi
guru ditinjau dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru SD, SMP dan
SMA/ SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian
adalah guru SD, SMP, SMA/SMK dari wilayah Kedungsepur Jawa Tengah, meliputi Kota
Semarang, Kabupaten : Kendal,  Semarang, Demak, dan Grobogan. Dari hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kinerja guru SD, SMP, SMA/SMK dari wilayah Kedungsepur pada aspek:
(1)  pengembangan diri,  sebesar 56,6% dan guru mempunyai kemauan dan motivasi yang baik
untuk mengikuti kegiatan ini baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun instansi lain, (2)
pada aspek publikasi ilmiah, sebesar 33,5 % dan  sebagian besar guru tidak mampu dan tidak
mau melakukan penelitian tindakan kelas maupun menulis artikel ilmiah, dan (3) pada aspek
karya inovatif sebesar 29,25 % dan sebagaian guru tidak berminat membuat alat peraga, terutama
media pembelajaran berbasis IT.

Kata Kunci : Kinerja Guru, Keprofesian, Kedungsepur

Full Text: PDF