Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN KONSELING 2016

Font Size: 
Peran Teman Sebaya Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar
Farikha Wahyu Lestari

Last modified: 2017-04-10

Abstract


Kemampuan komunikasi merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang, tidak terkecuali oleh anak-anak. Keberhasilan hubungan antar personal  terletak  pada  kemampuan  seseorang  menyampaikan  ide  atau maksud  yang  dimilikinya  kepada  orang  lain.  Akan  tetapi  pada  kenyataannya  masih  banyak  orang  yang  tidak  mampu  menyampaikan  ide yang  dimilikinya  dengan  baik.  Ketidakmampuan  ini  akan  menimbulkan dampak  yang  kurang  baik  dalam  kehidupan  selanjutnya,  seseorang  akan cenderung menjadi  introvert  bahkan  untrusted  pada lingkungan. Akhir-akhir ini  banyak  ditemui  kasus  kekerasan  maupun  tindak  kriminalitas  yang dialami  oleh  anak-anak.  Ketidakberanian  mereka  untuk  menyampaikan masalah kekerasan yang mereka terima kepada orang terdekat memperbesar peluang  para  pelaku  kejahatan  menjadikan  anak-anak  sebagai  sasaran. Anggapan  bahwa  anak-anak  adalah  kaum  yang  lemah  dan  tidak  memiliki power membuat pelaku kejahatan semakin leluasa melancarkan aksinya. Salah  satu  karakteristik  anak-anak  yang  senang  bermain  dan  cenderung dekat dengan teman bermainnya menjadi hal positif yang bisa digali untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Penggalian informasi dan  pemanfaatan  power  of  peer  dapat  menjadi  dasar  untuk  pengembangan kemampuan komunikasi anak-anak (dalam hal ini dikhususkan pada siswa Sekolah  Dasar).  Tulisan  ini  sebagai  sebuah  pemikiran  untuk  memberikan kontribusi  pada  pemecahan  masalah  komunikasi  anak  dengan memananfaatkan  teman  sebaya.  Apabila  anak  mampu  mengemukakan permasalahan  yang  dihadapinya,  maka  diharapkan  tindakan  preventif maupun kuratif dari kasus kekerasan pada anak akan semakin berkurang.

Kata Kunci : Teman Sebaya, Kemampuan Komunikasi


Full Text: 187-194