Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN KONSELING 2016

Font Size: 
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Outbound untuk Mengembangkan Resiliensi Diri Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017
Mohamad David Romansyah

Last modified: 2017-04-10

Abstract


Resiliensi diri adalah  suatu kemampuan individu untuk tetap tangguh dalam kondisi yang mengancam dan tidak menyenangkan, berproses secara dinamis untuk  beradaptasi  secara  positif  sehingga  dapat  bersikap  tenang  dan  bangkit dari  kesulitan  yang  tengah  dihadapi  serta  menemukan  kembali  semangat, kekuatan, dan tujuan hidupnya kembali dengan lebih realistik. Untuk mengetahui  keefektifan    resiliensi diri siswa kelas  XI IIS  SMA  Negeri  6 Semarang, penulis menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound.  Bimbingan  kelompok  berfungsi  meningkatkan  pemahaman  dan pengembangan,  sehingga  siswa  dapat  memahami  potensi  yang  dimiliki  dan mengembangkan diri sesuai dengan yang semestinya. Populasi  penelitian  sebanyak  136  siswa  dari  kelas  XI  IIS,  sampel  penelitian sebanyak 20 siswa yang terpilih secara acak dari seluruh populasi. Metode yang digunakan  adalah  true  experimentall  dengan  desain  Pretest  Posttest  Ekxperimen Control  Group  Design.  Bersifat  kuantitatif  dengan  instrumen  skala  psikologis resiliensi  diri.  Berdasarkan  perhitungan  dengan  uji  sign  tes  wilcoxon  tersebut diperoleh hasil thitung  sebesar  178  selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel  pada taraf  signifikan  0.05%  dengan  N  10  =  8  maka  thitung  >  ttabel.   Dengan  demikian koefisien  thitung  sebesar  178  adalah  signifikan  pada  taraf  0.05%.  Atas  dasar perhitungan  tersebut  maka  hipotesis  alternatif  Ha  yang  berbunyi  “layanan bimbingan kelompok dengan teknik  outbound  efektif  untuk mengembangkan resiliensi diri siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Semarang” diterima.

Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Outbound, Resiliensi Diri


Full Text: 149-164