Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
KELOMPOK PSIKOEDUKASI SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER DAN ADAPTABILITAS KARIER PESERTA DIDIK SMP DI KOTA SEMARANG
Rossi Galih Kesuma, Aji Taufiq Pambudi, Septa Nikmatil Aliyah

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Dalam menghadapi era insdustri 4.0, individu akan menemui berbagai tantangan. Kesiapan individu dalam menghadapi tantangan tersebut tentu sangat dibutuhkan. Sebagai guru atau pendidik, tentu juga memiliki tantangan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik. Menghadapi era disrupsi, peserta didik diharapkan memiliki efikasi diri pengambilan keputusan karier dan kemampuan adaptabilitas karier yang baik, sehingga peserta didik tidak lagi merasa salah langkah dalam mewujudkan cita-cita, harapan, dan masa depannya.Kelompok psikoedukasional dipandang mampu untuk memenuhi kebutuhan pendidik dalam meningkatkan efikasi diri pengambilan karier dan adaptabilitas karier peserta didik. Kelompok psikoedukasional menekankan penggunaan metode pendidikan untuk menyampaikan informasi dan mengembangkan keterampilan. Kelompok psikoedukasi bertujuan untuk mempromosikan pertumbuhan pribadi sesuai tahapan perkembangannya, pemberian informasi yang relevan, dan menyelesaikan masalah, atau konflik. Melalui kelompok psikoedukasional, pendidik diharapkan mampu untuk meningkatkan efikasi diri pengambilan keputusan karier dan kemampuan adaptabilitas karier peserta didik.

Full Text: PDF