Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018

Font Size: 
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG
Anindia Meitinia

Last modified: 2018-07-21

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa dalam siswa masih malu berhubungan dengan orang lain, malu berhubungan dengan kakak kelas dan adik kelas bahkan dengan guru. Masalah pokok yang dikaji adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengebangkan rasa percaya diri pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada semester 1 di SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 184 siswa, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel adalah 146 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Nilai kepercayaan diri siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil analisis uji t bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol didapatkan hasil thitung = 10,3. Untuk memastikan apakan perbedaan tersebut signifikan maka hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabel..Dengan db = (n1+n2)-2 = (15+15)-2=28 dan taraf signifikan 5%  maka diperoleh ttabel= 2,021. Karena  thitung = 10,3 ˃ ttabel= 2,021 maka thitung lebih besar dari ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing untuk mengembangkan rasa percaya diri pada kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.”Maka dapat disimpulkan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing dapat mengembangkan rasa percaya diri pada kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan pengembangan rasa pecaya diri.

Full Text: PDF