Seminar Universitas PGRI Semarang, Seminar Nasional dan Bedah Buku

Font Size: 
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK YANG OPTIMAL DAN INTEGRAL
Tri Hartini

Last modified: 2014-05-21

Abstract


Pembangunan karakter yang paling efektif dan berkesinambungan yakni melalui pendidikan, yang kita kenal hari ini dengan istilah pendidikan karakter. Pendidikan merupakan media paling sistematis dan efektif untuk memperkuat character building (Ngainun: 2012).

Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional, maka orientasi, tujuan dan pelaksanaan bimbingan dan konseling peserta didik juga merupakan bagian dari orientasi, tujuan dan pelaksanaan karakter pendidikan . Program Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan bagian inti dari karakter pendidikan diimplementasikan dengan berbagai strategi layanan dalam upaya untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai swasembada, dengan karakter yang membutuhkan arus dan masa depan. Strategi layanan pendidikan karakter melalui bimbingan dan konseling melalui layanan dasar, layanan responsif , perencanaan individual dan sistem pendukung.

Pembelajaran dan bimbingan memiliki peran kunci dan posisi dalam seluruh proses pendidikan, terutama di bidang pendidikan karena pendidik dan konselor. Ini berarti bahwa pendidik merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam membangun karakter peserta didik.

 

Kata kunci : Implementasi, pendidikan karakter, bimbingan dan konseling


Full Text: PDF