Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
IDENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP PADA BUKU AJAR SMA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI
Aprilia Pangestika, Trianik Widyaningrum

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Buku ajar sebagai buku acuan wajib yang mengandung kesalahan konsep dapat menghambat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep yang terdapat pada buku ajar Biologi khususnya materi sistem imun,dan untuk mengetahui persentase kesalahan konsepnya.

Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian evaluasi dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah study dokumenter. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah materi sistem imun pada buku ajar terbitan Erlangga, Yudhistira dan Grasindo.Untuk memudahkan penelitian ini buku-buku tersebut masing-masing diberi simbol A, B dan C. Identifikasi kesalahan konsep dalam penelitian ini menggunakan standar kriteria kesalahan konsep menurut Dikmenli (2009) dan Hersey (2004) yang meliputi: Oversimplifications, Overgeneralizations, Undergeneralizations, Obsolete Concept and Terms,danMisidentifications.

Materi sistem imun pada buku ajar yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini teridentifikasi mengandung kesalahan konsep kategori Oversimplifications, Overgeneralizations, Undergeneralizations dan Misidentifications. Persentase masing-masing kategori untuk buku A yaitu 23,5%; 5,9%; 5,9% dan 5,9%; buku B yaitu 41,2%; 17,6%; 0% dan 11,8%; sedangkan pada buku C yaitu 58,8%; 0%; 11,8% dan 11,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan konsep pada buku-buku tersebut tergolong sangat fatal. Oleh sebab itu, penyusunan buku ajar harus memenuhi kriteria bahan ajar menurut BSNP yang meliputi empat aspek yaitu kelayakan isi, bahasa, grafis dan sajian (teknik, materi dan pembelajaran).

Kata kunci: identifikasi, buku ajar, miskonsepsi, sistem imun


Full Text: PDF