Last modified: 2017-07-14
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kit untuk meningkatkan keterampilan proses dasar IPA SD. Metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kit dapat meningkatkan keterampilan proses dasar IPA SD.
Kata Kunci : lembar kerja peserta didik, kit IPA, keterampilan proses dasar