Last modified: 2017-07-14
Abstract
Abstrak
Setiap pembelajaran harus berujung pada hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran merupakan perwujudan proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu menciptakan aktivitas dan kreativitas siswa. Aktivitas siswa merupakan ciri dari pembelajaran berpusat pada siswa (teacher centerd learning), sedangkan kreativitas siswa adalah ciri siswa yang memiliki daya cipta dalam berkarya. Karya cipta siswa adalah capain kompetensi tertinggi siswa sebagai muara dari tujuan pembelajaran. Untuk mampu berkaya cipta sesuai dengan tujuan, guru diharapkan selalu membiasakan dan merangsang siswa untuk mencari, menemukan, merumuskan, serta menginformasikan kepada orang lain. Informasi yang disampaikan oleh siswa seyogyanya adalah karya cipta siswa sebagai realisasi pembelajaran aktif. Karya cipta siswa dapat diwadahi dalam berbagai hal, misalnya diwadahi dalam buku, pameran karya cipta siswa, pementasan karya kreativitas siswa, dan lain-lain. Karya cipta siswa dapat dijadikan sebagai asa setiap guru dan siswa dan merupakan ujung dari pembelajaran, capaian kompetensi tertinggi siswa, serta sebagai wujud luaran proses belajar mengajar.
Kata kunci: pembelajaran aktif, belajar mengajar, karya cipa,