Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG LUAS LINGKARAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON
Dominikus Tasekeb, Novisita Ratu

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMP  dalam menyelesaikan soal luas lingkaran berdasarkan kriteria Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Satu Atap Penmina, adapun pengambilan subjek dalam penelitian adalah teknik purposive sampling. Dalam pemilihan subjek penelitian ini mengkategorikan 3 jenis subjek yaitu subjek berkemapuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data utama dalam penelitian ini adalah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal tentang luas lingkaran. Adapun kesalahan yang dilakukan siswa dianalisis mengacu pada tipe kesalahan Watson diantaranya adalah data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, hierarki keterampilan, dan selain dari ketujuh tipe kesalahan lain yang sudah diungkapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan subjek adalah pada jenis kesalahan prosedur tidak tepat sebesar 34%, kesalahan pada manipulasi tidak langsung sebesar 28%, pada kesalahan data tidak tepat sebesar 16%, dan kesalahan Selain ketujuh kategori sebesar 9%  sedangkan pada kesalahan data hilang, kesalahan kesimpulan hilang, kesalahan konflik level respon, kesalahan masalah hirarkhi keterampilan sebesar 0%. Kesalahan yang dilakukan subjek tersebut tentunya memiliki beberapa alasan dari masing – masing subjek.

 

Kata kunci : luas lingkaran, tipe kesalahan Watson


Full Text: PDF