Last modified: 2017-07-14
Abstract
Abstrak
Tulisan ini bertujan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII, pada materi aritmatika sosial berdasarkan teori Polya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tiga subjek yang diambil dari siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga, masing-masing satu subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk pemecahan masalah terkait harga jual dan harga beli yang dikenai pajak, siswa berkemampuan matematika tinggi mampu melalui tahap memahami, merencanakan, dan melakukan rencana akan tetapi tidak terampil dalam algoritma dan ketepatan menjawab soal, sehingga dapat dipastikan bahwa siswa tersebut belum dapat melakukan tahap selanjutnya dan siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah mampu melalui tahap memahami, merencanakan, dan melakukan rencana pemecahan. Sedangkan untuk soal pemecahan masalah terkait menghitung harga penjualan, kerugian, dan harga beli, tampak bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah mampu melalui tahap memahami, merencanakan, dan melakukan rencana pemecahan. Sedangkan untuk pemecahan masalah terkait harga bayar yang dikenai diskon, siswa berkemampuan matematika tinggi tidak dapat mengunakan langkah secara teratur dan tidak terampil dalam algoritma dan ketepatan menjawab soal, sehingga dapat dipastikan bahwa siswa tersebut belum dapat melakukan tahap selanjutnya dan siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah mampu melalui tahap memahami, merencanakan, dan melakukan rencana. Sedangkan untuk soal pemecahan masalah terkait besar keuntungan, neto,tarra, dan bruto tampak bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang tidak dapat melakukan semua tahapan polya dengan sempurna dan siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu menggunakan informasi yang penting pada soal dan tidak dapat merencanakan penyelesaian.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Aritmatika soaial