Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
RANCANGAN MODUL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA SD
Vera Yuli Erviana, Laila Fatmawati

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Pendidikan multikultural sangat penting ditanamkan pada siswa sejak dini. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai karakter  kepada generasi penerus bangsa. Pentingnya penanaman pendidikan mulikultural sejak dini dirasa mampu menekan konflik yang ada di Indonesia. Banyaknya kasus perpecahan antar ras, suku, budaya, agama, etnis, gender dan lain sebagainya merupakan imbas dari kurangnya pemahaman tentang pendidikan multikultural. Oleh karena itu perlunya pelaksanaan dan penerapan pendidikan multikultural sejak dini. Sehingga generasi penerus bangsa mampu mewujudkan sikap serta tingkah laku yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Salah satu cara untuk menanamkan pendidikan multikultural sejak dini adalah melalui sekolah. Pelaksanaan pendidikan multikultural tidak dilaksanakan secara terpisah dari mata pelajaran lain. Akan tetapi, pendidikan multikultural diintegrasikan dengan pembelajaran tematik yang ada di Sekolah Dasar (SD). Materi pendidikan multikultural disesuaikan dengan karakteristik siswa SD. Penyampaian materi dikemas secara menarik dan komunikatif. Penggunaan bahan ajar berupa modul dirasa mampu mengomunikasikan pendidikan multikultural kepada siswa SD secara aktif. Rancangan modul pendidikan multikultural pada pembelajaran tematik bagi siswa SD antara lain: cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, bagian-bagian modul, daftar isi, pendahuluan, deskripsi materi, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran, latihan soal, evaluasi, glosarium, dan daftar pustaka.

Kata Kunci : Rancangan Modul Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Tematik, Siswa SD


Full Text: PDF