Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PENINGKATAN AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MODEL SEKOLAH BERBASIS BUDAYA DI SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA
Titik Sunartti Widyaningsih

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktualisasi nilai-nilai karakter melalui model sekolah berbasis budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru, karyawan, dan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan jurnal perkembangan sikap, jurnal harian, lembar pengamatan, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data  dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu menggunakan rerata skor instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model sekolah berbasis budaya di SMP N 3 Banguntapan dapat meningkatkan aktualisasi nilai-nilai karakter guru, karyawan, dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklusnya. Aktualisasi nilai-nilai karakter guru/karyawan mengalami peningkatan signifikan, dari rata-rata 51 % pada siklus I, meningkat menjadi 62 % pada siklus II dan menjadi 78 % pada siklus III. Aktualisasi nilai-nilai karakter siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 48 % pada siklus I, meningkat menjadi 65 % pada siklus II dan menjadi 72 % pada siklus III.

 

Kata Kunci: Model Sekolah Berbasis Budaya, Aktualisasi, Nilai-nilai Karakter


Full Text: PDF