Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL ALFA VII

Font Size: 
PROFIL PEMBELAJARAN TERPADU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Soesy Sri Wulandari, Prabowo Prabowo, ZA. Imam Supardi

Last modified: 2017-07-14

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama yaitu bagaimana membuat proses perencanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama.Data yang terkumpul dideskripsikan dan dianalisis setelah diadakan reduksi dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan trianggulasi metode. Hasil analisis deskriptif tersebut diperoleh temuan-temuan atas jawaban-jawaban pertanyaan-pertanyaan penelitian dan selanjutnya dikemukakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian.

Hasil penelitian ditemukan guru yang belum mengintegrasikan pembelajaran secara terpadu yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran  terpadu.Penyebab utama kondisi tersebut adalah guru belum memahami karakteristik pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA .

 

Kata kunci: IPA, Profil pembelajaran terpadu,SMP


Full Text: PDF