Last modified: 2017-07-14
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia Salatiga. Subyek penelitian sebanyak 9 mentor. Teknik pengumpulan data melalui angket pre test dan post test dan didukung dengan data evaluasi pelatihan dari subjek penelitian, serta triangulasi sumber. Analisa data yaitu deskriptif komparatif melalui analisis uji beda One Sample T-test dengan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian yaitu pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia yang ditunjukkan dengan nilai pada angket pre test dan post test serta nilai t sesudah pelatihan lebih besar daripada sebelum pelatihan. Rekomendasi bagi PPA Eklesia dan pendidikan non formal pada umumnya adalah perlu pelatihan partisipatif bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensi termasuk kompetensi pedagogik.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, pelatihan partisipatif
Abstrak
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia Salatiga. Subyek penelitian sebanyak 9 mentor. Teknik pengumpulan data melalui angket pre test dan post test dan didukung dengan data evaluasi pelatihan dari subjek penelitian, serta triangulasi sumber. Analisa data yaitu deskriptif komparatif melalui analisis uji beda One Sample T-test dengan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian yaitu pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia yang ditunjukkan dengan nilai pada angket pre test dan post test serta nilai t sesudah pelatihan lebih besar daripada sebelum pelatihan. Rekomendasi bagi PPA Eklesia dan pendidikan non formal pada umumnya adalah perlu pelatihan partisipatif bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensi termasuk kompetensi pedagogik.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, pelatihan partisipatif
Abstrak
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia Salatiga. Subyek penelitian sebanyak 9 mentor. Teknik pengumpulan data melalui angket pre test dan post test dan didukung dengan data evaluasi pelatihan dari subjek penelitian, serta triangulasi sumber. Analisa data yaitu deskriptif komparatif melalui analisis uji beda One Sample T-test dengan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian yaitu pelatihan partisipatif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik mentor PPA Eklesia yang ditunjukkan dengan nilai pada angket pre test dan post test serta nilai t sesudah pelatihan lebih besar daripada sebelum pelatihan. Rekomendasi bagi PPA Eklesia dan pendidikan non formal pada umumnya adalah perlu pelatihan partisipatif bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensi termasuk kompetensi pedagogik.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, pelatihan partisipatif