Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY
Sutrisno Sutrisno

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Untuk mengatasi rendahnya mutu pembelajaran diperlukan upaya perbaikan pembelajaran oleh  dosen guna meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) melaui kegiatan lesson study. Lesson study adalah pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip kolegalitas demi membangun suatu komunitas belajar. Pelaksanaan lesson study melalui tiga tahapan yaitu; plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi),.  Dengan kegiatan plan mengidentifikasi masalah perkuliahan yang dilakukan oleh tim pengampu mata kuliah ,menganalisis materi ajar yang meliputi; kedalaman materi, kesesuaian tuntutan kurikulum, tingkat kesulitan dan menentukan strategi pembelajaran demi peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam do (pelaksanaan) pembelajaran matematika materi statistika dasar berbasis lesson study dapat membangun komunitas belajar. Dan dalam pembelajaran, interaksi mahasiswa-mahasiswa, mahasiswa-dosen, mahasiswa-bahan ajar dan mahasiswa-lingkungan, merupakan suatu hal yang menjadi perhatian dalam pembelajaran statistika dasar berbasis lesson studi.  Pada tahapan refleksi (see) dosen  mendapatkan masukan dari berbagai pihak yang kompeten, Sehingga sangat dimungkinkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran statistika dasar, dan berdasarkan masukan tersebut, model pembelajaran statistika dasar menjadi lebih inovatif, dapat teridentifikasi permasalahan pembelajaran serta alternatif solusinya dan terbangunnya komunitas belajar antar dosen dalam program studi pendidikan matematika, antar mahasiswa, dan antara mahasiswa dengan dosen, hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas komunikasi akademik dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran statistika, ditemukannya material teaching sesuai dengan  kurikulum dan permasalahan Pembelajaran statistika berdasarkan pada kondisi mahasiswa dan meningkatnya kemampuan aktivitas serta hasil belajar.serta meningkatnya pemenuhan hak belajar setiap mahasiswa.

 

Key Word : Pembelajaran CIRC, Matematika, Lesson Study.


Full Text: PDF