Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
Pembelajaran Kolaboratif Melalui Lesson Study
Setyo Haryono

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan bekerjasama (kolaboratif) dengan sesama guru mata pelajaran atau dengan guru mata pelajaran  lain sebagai observer dan  fasilitator. Sebagai contoh, dalam kegiatan pembelajaran kolaboratif yang pernah dilaksanakan di SMA N 16 Semarang melibatkan mata pelajaran Biologi, Bahasa Indonesia dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).  Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengembangan Lesson Study  berbasis sekolah. Adapun manfaat dari pelaksanaan pembelajaran kolaboratif ini antara lain efisiensi waktu pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan  beberapa penilaian dalam satu kegiatan, meningkatkan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, menumbuhkan semangat kerjasama yang positif dalam MGMP sekolah, meningkatkan motivasi belajar siswa dengan kegiatan yang menarik, meningkatkan keterampilan siswa dalam penguasaan materi berbasis TIK.

Kendala yang dihadapi dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain, kesepakatan waktu pelaksanaan lesson study, perlunya pengaturan ulang tentang urutan materi pelajaran pada salah satu mata pelajaran yang berkolaborasi. Kendala-kendala yang dihadapi dapat ditanggulangi melalui kegiatan plan dengan melibatkan seluruh guru mata pelajaran yang berkolaborasi. Fasilitator (dan pakar) sangat berperan penting dalam membantu pemecahan masalah kendala tersebut. Factor lain yang cukup penting dalam keberhasilan kegiatan ini adalah menyamakan persepsi seluruh guru mata pelajaran yang akan berkolaborasi tentang manfaat pelaksanaan kolaborasi pembelajaran melalui Lesson Study. Bentuk kegiatan pembelajaran kolaboratif melalui Lesson Study ini dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran dengan tetap  mempertimbangkan acuan kurikulum yang ada. Kegiatan pembelajaran kolaboratif melalui lesson Study ini masih perlu dikembangkan dan dievaluasi demi dihasilkan satu bentuk kegiatan yang baik.

Kata Kunci : Lesson Study, Pembeajaran Kolaboratif


Full Text: PDF