Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
Peningkatkan Keaktifan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Mikrobiologi Terintegrasi Berbasis Lesson Study
Endah Rita Sulistya Dewi, Filia Prima artharina

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Pelaksanaan matakuliah Mikrobiologi terintegrasi berbasis Lesson Study yang dilaksanakan pada semester VI Prodi Biologi FMIPA IKIP PGRI Semarang bertujuan untuk melihat kontribusi pembelajaran berbasis Lesson Study terhadap keaktifan mahamahasiswa. Lesson study merupakan kegiatan pembelajaran dari sejumlah dosen dan pakar pembelajaran yang mencakup suatu kegiatan : perencanaan (plan), implementasi pembelajaran (do) dan observasi serta refleksi (see) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran

Permasalahan yang dapat diangkat adalah apakah melalui pelaksanaan mata kuliah Mikrobiologi Terintegrasi Berbasis Lesson Study dapat meningkatkan keaktifan mahamahasiswa?

Kegiatan ini  bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan mahamahasiswa pada pelaksanaan matakuliah Mikrobiologi.

Subjek adalah mahamahasiswa semester  VI.G yang berjumlah 37 mahamahasiswa dan sepuluh observer. Pelaksanaan lesson study ini lebih menekankan upaya merevisi Rancangan Pelaksanaan SAP serta upaya menyusun SAP Mikrobiologi  berbasis aktifitas mahasiswa (PBAS). Dari hasil obsevasi mahamahasiswa dalam penerapan pembelajaran Mikrobiologi Terintegrasi Berbasis Lesson Study diketahui bahwa dari 37 mahamahasiswa, menyatakan pembelajaran menarik,pembelajaran mendorong mahamahasiswa untuk bekerjasama dengan teman, terdapat evaluasi dan penilaian sesuai dengan materi. Sedangkan separuh lebih mahamahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran menyenangkan, mahamahasiswa termotivasi, mendorong kemandirian, terdapat bahan ajar dan dengan adanya Lesson Study mahamahasiswa memiliki tantangan. Beberapa hal yang masih perlu di tingkatkan adalah dari penggunaan media dan dari pemahaman mahamahasiswa.

Dengan pembinaan komunitas akademik ini maka diharapkan pembelajaran Mikrobiologi akan lebih aktif dan dinamis pada masa mendatang serta memberi kontribusi bagi pengembangan Pembelajaran Mikrobiologi Berbasis Lesson Study yang menekankan aktifitas Mahaiswa. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini, pembelajaran Mikrobiologi akan dikembangkan melalui lesson study, karena pertama; dari hasil penelitian ini dapat dikembangkan rancangan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan pada tahapan plan lesson study, kedua; SAP dan multimedia yang dikembangkan merupakan hasil refleksi pembelajaran Mikrobiologi  yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kata kunci: Mikrobiologi teritegrasi,lesson study, Keaktifan


Full Text: PDF