Last modified: 2012-08-09
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika adalah dengan menunjukkan bahwa materi dalam matematika sangat dekat dengan kehidupan siswa di lingkungan sekitat dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga dapat diamati dan dipelajari langsung oleh siswa. Melalui pangalaman langsung, diharapkan belajar menjadi menyenangkan dan mendorong siswa lebih bebas berkreasi. Masalahnya tidak semua guru Matematika memiliki kemampuan dalam menciptakan pembelajaran Matematika yang tepat dan bermutu. Perlu pengalaman dan terus belajar menemukan cara mengembankan pembeajaran agar menghasilkan peserta didik yang bermutu sesuai tuntutan pendidikan nasional. Untuk itu perlu dilakukan penelitian-penelitian tentang pengembangan model-model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Keberhasilan dari suatu kegiatan dapat dilihat dari tercapai atau tidaknya indikator yang diharapkan, oleh karena itu bagian akhir kajian ini akan disajikan indikator dari supervisi. Keberhasilan model supervisi ini dapat dilihat dari indikator meningkatkan profesi guru
Kata Kunci : supervisi klinis, lesson study, kompetensi guru