Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
LESSON STUDY BERBASIS KM (Kecerdasan Majemuk)
Mei Sulistyoningsih

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Lesson Study bukan metode pembelajaran, juga bukan pendekatan pembelajaran, tetapi kegiatan lesson study dapat menerapkan berbagai metode / strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru. Lesson study bertujuan untuk melakukan pembinaan profesi pendidik secara berkelanjutan agar terjadi peningkatan profesionalitas pendidik terus menerus. Profesionalisme guru dapat menurun dengan bertambahnya waktu, bilamana tidak dilakukan pembinaan terus menerus. Lesson Study dapat menerapkan berbagai metoda/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru. Di dalam otak informasi diterima, diproses, dan dikirimkan dengan menggunakan system dan sandinya. Kecerdasan dan keunggulan manusia tergantung pada perkembangan otaknya, bukan karena berat atau besarnya, namun pada struktur dan fungsinya. Menurut Gardner, sekarang ada delapan kecerdasan dasar. Gardner dengan teori KM berusaha memperluas lingkup potensi manusia melampaui batas nilai IQ. Gardner memetakan ada delapan kecerdasan dasar : kecerdasan linguistik, matematik logis, spasial, kinestetik-jasmani, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalis, Kecerdasan dapat berkembang bergantung pada faktor biologis, sejarah, dan kultural historis. Setiap anak memiliki ke delapan kecerdasan dan dan dapat mengembangkan setiap kecerdasan sampai tingkat kompetensi yang cukup tinggi, namun mereka mulai menunjukkan perilaku “kecenderungan” terhadap kecerdasan tertentu. Teori KM menegaskan, tidak ada rangkaian strategi pengajaran yang dapat selalu bekerja secara efektif untuk semua siswa. Setiap siswa memiliki kecenderungan tertentu pada ke delapan kecerdasan.

 

________________________________________________________________

Kata Kunci : Lesson Study, Kecerdasan majemuk


Full Text: PDF