Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
MODEL OBSERVASI DENGAN VICS (VERBAL INTERACTION CATEGORY SYSTEM) SEBAGAI ALTERNATIF INSTRUMEN DALAM PELAKSAAN OPEN CLASS LESSON STUDY
Fenny Roshayanti

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Dalam pelaksaan kegiatan lesson study tahapan “Do” dalam bentuk open class merupakan tahapan yang menentukan karena merupakan implementasi dari rangkaian tahapan “plan” .Pada tahapan ini dilakukan observasi respon siswa  terhadap model pembelajaran yang dicobakan, namun seringkali hasil observasi menjadi kurang maksimal karena kurang menggali interaksi guru/dosen dan siswa/mahasiswa. Hal ini dapat disebabkan oleh keterbatasan instrumen observasi yang digunakan. Untuk itu perlu dikembangkan suatu teknik observasi dengan suatu instrument tertentu yang dapat  mengangkat aktifitas belajar siswa serta interaksinya dengan guru. Model VICS (Verbal interaction category systems) yang dikembangkan oleh Flander (1970) dalam Siregar (1998) dapat menjadi salah satu alternative teknik observasi aktifitas belajar siswa. Kata Kunci : Model Observasi VICS, alternatif instrumen, open classs lesson study

Full Text: PDF