Seminar Universitas PGRI Semarang, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Font Size: 
KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DALAM PROSSES BELAJAR MENGAJAR
Diana Endah Handayani, Harto Nuroso

Last modified: 2012-08-09

Abstract


Akuntabilitas guru dalam proses belajar mengajar sampai saat ini di Indonesia susah untuk diukur, guru mengajar didalam kelas selalu sendiri, jadi apapun yang terjadi didalam kelas hanya guru dan siswa saja yang tahu. Guru sangat ahli menilai hasil belajar peserta didik, tetapi guru sering lupa menilai dan melihat apa yang sudah dilakukannya didalam kelas. Kegiatan Lesson Study datang dengan semangat keterbukaan, hal ini dicirikan dengan tiga kegiatan pokok, Plan, Do dan See, ciri utamanya adalah adanya aktifitas open class dan refleksi. Penerapan kegiatan Lesson Study di Indonesia apakah dapat mengubah sifat tertutup guru – guru swasta di Indonesia ? Dalam artikel ini mengungkap dua hambatan pelaksanaan Lesson Study. Hambatan pertama, Kegiatan Lesson Study menuntut keterbukaan dari masing – masing guru model untuk dilihat dan berkomunikasi lebih dalam dengan beberapa guru yang lain. Ini artinya kebutuhan utama dari kegiatan Lesson Study adalah waktu. Pertanyaan mendasar yang muncul dari penulis adalah apakah guru – guru tidak tetap (GTT) yang berhamburan di sekolah – sekolah swasta ini mempunyai cukup waktu untuk terbuka ? Hambatan kedua tidak adanya payung hukum disekolah untuk guru kelompok Lesson Study ketika menjalankan aktifitasnya, apakah pihak sekolah dapat terbuka dengan kegiatan Lesson Study ini ?

 

Kata Kunci : Lesson Study, keterbukaan Guru


Full Text: PDF